RPPH Tema KEBUTUHANKU Sub. Tema: Makanan/ Minuman
RPPH Tema KEBUTUHANKU Sub. Tema: Makanan/ Minuman
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)KELOMPOK : 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B1
TEMA : KEBUTUHANKU / MAKANAN/MINUMAN
Model Pembelajaran : Area
Semester/bulan/Minggu ke : 1/September /8
Tema / Sub Tema : Kebutuhanku /makanan -minuman
Kelompok / Usia : B1/5 – 6 Tah
Hari / Tanggal : Senin / 18 septemner 2017
Kegiatan:
- doa sebelum dan sesudah belajar,
- bersyukur atas rejeki maqkanan minuman
- menyebutkan dan menyajikan makanan bergizi
- menuliskan urutan gambar yang berwarna
- mewarnai minuman kesukaan
- mewarnai gambar anak yang sedang berdoa
- hafalan doa mau makan dan selesai makan
Materi yang masuk dalam pembiasaan
- Bersyukur atas rejeki Tuhan
- Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
- Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
- Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.
Alat dan Bahan
- Gambar telor, ayam goreng, gunting, piring kertas , sendok , sendok plastik,, sobekan kertsa
- Lembar Kerja menuliskan urutan gambar berwarna, , pensil
- Gambar gelas, spidol
- Gambar anak berdoa, krayon
- Gambar makanan bergizi, macam – macam minuma, buah, telur
Pembukaan
- Doa sebelum belajar, presensi
- Bernyanyi “asalamualaikum
- Mengenalkan aturan bermain
- Berdiskusi makanan yang bergizi, minuman yang sehat
- Diskusi yang harus dilakukan sebagai rasa terimakasih terhadap Tuhan atas rejekiNya
- Berdiskusi tentang Area yang dibuka hari ini ( area sains, seni, matematika, agama)
Inti
- Guru mengajak anak mengamati alat dan bahan yang disediakan
- Guru menanyakan konsep benda , warna dan bentuk yang ada di alat dan bahan.
- Guru menanyakan kepada anak dimana mereka pernah menemukan konsep tersebut?
- Guru mempersilakan anak mengelompokkan alat dan bahan sesuai dengan konsep yang dipahami anak.
- Anak melakukan kegiatan sesuai yang diminati dan gagasannya:
- Area Seni Mewarnai minuman kesukaan
- Area Sains : menyajikan makanan bergizi
- Area berhitung/ matematika:: menuliskan urutan gambar yang berwarna
- Area Agama : mewarnai gambar anak yang sedang berdoa
- Anak menceritakan kegiatan main yang dilakukannya
- Guru menanyakan konsep yang ditemukan anak di kegiatan mainnya.
Penutup
- Menanyakan perasaan selama bermain hari ini
- Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini, mainan apa yang paling disukai
- Pemberian tugas kepada anak untuk dilakukan di rumah yakni menanyakan bertanya kepada orang tuanya tentang makanan yang tidak sehat/ tidak baik untuk kesehatan
- Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
- Menginformasikan kegiatan untuk esok hari
- Berdoa setelah bermain dan belajar
D. Rencana Penilaian
- Indikator Penilaian
Program |
KD
INDIKATOR
Nilai Agama
dan Moral
1.1
3.1-4.1
– Anak terbiasa bersyukur dirinya sebagai
ciptaan Tuhan
– Anak berdoa sebelum dan sesudah belajar
– anak dapat mewarnai gambar anak yang sedang berdoa dg rapih
Motorik
2.1
3.4-4.4
– Anak terbiasa mencuci tangan dan
menggosok gigi
– Anak dapat menyebutkan nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat
Sosem
2.5,
2.6
– Anak terbiasa memberi salam
– Anak terbiasa mengikuti aturan
Kognitif
3.6-4.6
– Anak menuliskan urutan gambar yg berwarna
Bahasa
1.13
3.10-4.10
– Anak terbiasa berlaku ramah,
– Anak dapat menyebutkan dan menyajikan makanan bergizi
Seni
3.15-4.15
– Anak dapat mewarnai gambar minuman kesukaan
- Teknik Penilaian
- Catatan hasil karya
- Catatan anekdotal, dan
- Checklist
- CHECKLIST
No | Indikator Penilaian | Tingkat Kemampuan | |||
BB | MB | BSH | BSB | ||
1 | Nilai Agama Moral (NAM) |
– Anak berdoa sebelum dan sesudah belajar
– Anak dapat mewranai gambar anak yang sedang berdoa
2. Fisik Motorik
-Anak terbiasa mencuci tangan dan menggosok gigi
-Anak dapat menyebutkan nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat
3. Sosial Emosi
– Anak terbiasa memberi salam
-Anak terbiasa mengikuti aturan
4. Kognitif Anak menuliskan urutan gambar yang berwarna
5. Bahasa
Anak terbiasa berlaku ramah,
-Anak dapat menyebutkan dan menyajikan makanan bergizi
6. SENI
Anak mewarnai gambar minuman kesukaan
DOWNLOAD :
- RPPH TK A Minggu 8 SMT 1 Tema Lingkunganku/ Sekolahku/Bermain Balok
- JUKNIS BANTUAN APE PAUD
- DOWNLOAD BUKU ADMINISTRASI PAUD LENGKAP
- RPPH K-3 PAUD TK A MINGGU KE 7 SMT 1 Tema Lingkunganku/Rumahku
- RPPH KURIKULUM 2013 PAUD Tema Keluargaku Subtema Anggota keluarga
- Bahan Ajar PAUD dan Pengembangan Kurikulum 2013
- CONTOH FORMAT PENILAIAN BULANAN TK Kurikulum 2013
DOWNLOAD LINK :
0 Response to "RPPH Tema KEBUTUHANKU Sub. Tema: Makanan/ Minuman"
Post a Comment