STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK (STPPA) USIA 4-5 TAHUN SESUAI KURIKULUM 2013 /PERMENDIKBUD 137
STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK (STPPA) USIA 4-5 TAHUN SESUAI KURIKULUM 2013/PERMENDIKBUD 137
Dalam STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK (STPPA) USIA 4-5 TAHUN SESUAI KURIKULUM 2013 /PERMENDIKBUD 137 memuat 6 aspek perkembangan anak yaitu :
1. Aspek Perkembangan Nilai Agama dan Moral
2. Aspek Perkembangan Sosial Emosional
3. Aspek Perkembangan Bahasa
4. Aspek Perkembangan Kognitif
5. Aspek Perkembangan Fisik Motorik
6. Aspek Perkembangan Seni
Berikut ini indikator-indikator STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK (STPPA) USIA 4-5 TAHUN SESUAI KURIKULUM 2013 /PERMENDIKBUD 137 yang memuat 6 aspek perkembangan anak yaitu :
I.
NILAI-NILAI AGAMA DAN
MORAL
1.
Mengetahui agama yang dianutnya
2.
Meniru gerakan beribadah dengan
urutan yang benar
3.
Mengucapkan doa sebelum
dan/atau sesudah melakukan sesuatu
4.
Mengenal perilaku baik/sopan
dan buruk
5.
Membiasakan diri berperilaku
baik
6.
Mengucapkan salam dan membalas
salam
II.
FISIK MOTORIK
A.
Motorik Kasar
1.
Menirukan gerakan binatang,
pohon tertiup angin, pesawat terbang, dsb
2.
Melakukan gerakan menggantung
(bergelayut)
3.
Melakukan gerakan melompat,
meloncat, dan berlari secara terkoordinasi
4.
Melempar sesuatu secara terarah
5.
Menangkap sesuatu secara tepat
6.
Melakukan gerakan antisipasi
7.
Menendang sesuatu secara
terarah
8.
Memanfaatkan alat permainan di
luar kelas
B.
Motorik Halus
1.
Membuat garis vertikal,
horizontal, lengkung kiri/kanan, miring kiri/kanan, dan lingkaran
2.
Menjiplak bentuk
3.
Mengkoordinasikan mata dan
tangan untuk melakukan gerakan yang rumit
4.
Melakukan gerakan manipulatif
untuk menghasilkan suatu bentuk dengan menggunakan berbagai media
5.
Mengekspresikan diri dengan
berkarya seni menggunakan berbagai media
6.
Mengontrol gerakan tangan yang
meggunakan otot halus (menjumput,
mengelus, mencolek, mengepal, memelintir, memilin, memeras)
C.
Kesehatan dan Perilaku
Keselamatan
1.
Berat badan sesuai tingkat usia
2.
Tinggi badan sesuai tingkat
usia
3.
Berat badan sesuai dengan
standar tinggi badan
4.
Lingkar kepala sesuai tingkat
usia
5.
Menggunakan toilet (penggunaan
air, membersihkan diri) dengan bantuan minimal
6.
Memahami berbagai alarm bahaya
(kebakaran, banjir, gempa)
7.
Mengenal rambu lalu lintas yang
ada di jalan
III.
KOGNITIF
A.
Belajar dan Pemecahan Masalah
1.
Mengenal benda berdasarkan
fungsi (pisau untuk memotong, pensil untuk menulis)
2.
Menggunakan benda-benda sebagai
permainan simbolik (kursi sebagai mobil)
3.
Mengenal konsep sederhana dalam
kehidupan sehari-hari (gerimis, hujan, gelap, terang, temaram, dsb)
4.
Mengetahui konsep banyak dan
sedikit
5.
Mengkreasikan sesuatu sesuai
dengan idenya sendiri yang terkait dengan berbagai pemecahan masalah
6.
Mengamati benda dan gejala
dengan rasa ingin tahu
7.
Mengenal pola kegiatan dan
menyadari pentingnya waktu
8.
Memahami posisi/kedudukan dalam
keluarga, ruang, lingkungan sosial (misal: sebagai peserta didik/anak/teman)
B.
Berpikir Logis
1.
Mengklasifikasikan benda
berdasarkan fungsi, bentuk atau warna atau ukuran
2.
Mengenal gejala sebab-akibat
yang terkait dengan dirinya
3.
Mengklasifikasikan benda ke
dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok yang
berpasangan dengan 2 variasi
4.
Mengenal pola (misal, AB-AB dan
ABC-ABC) dan mengulanginya
5.
Mengurutkan benda berdasarkan 5
seriasi ukuran atau warna
C.
Berpikir Simbolik
1.
Membilang banyak benda satu
sampai sepuluh
2.
Mengenal konsep bilangan
3.
Mengenal lambang bilangan
4.
Mengenal lambang huruf
IV. BAHASA
A.
Memahami Bahasa
1.
Menyimak perkataan orang lain
(bahasa ibu atau bahasa lainnya)
2.
Mengerti dua perintah yang
diberikan bersamaan
3.
Memahami cerita yang dibacakan
4.
Mengenal perbendaharaan kata
mengenai kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek, dsb)
5.
Mendengar dan membedakan bunyi-
bunyian dalam Bahasa Indonesia (contoh,
bunyi dan ucapan harus sama)
B.
Mengungkapkan Bahasa
1.
Mengulang kalimat sederhana
2.
Bertanya dengan kalimat yang
benar
3.
Menjawab pertanyaan sesuai
pertanyaan
4.
Mengungkapkan perasaan dengan
kata sifat (baik, senang, nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek, dsb)
5.
Menyebutkan kata-kata yang
dikenal
6.
Mengutarakan pendapat kepada
orang lain
7.
Menyatakan alasan terhadap
sesuatu yang diinginkan atau ketidaksetujuan
8.
Menceritakan kembali
cerita/dongeng yang pernah didengar
9.
Memperkaya perbendaharaan kata
10. Berpartisipasi dalam percakapan
C.
Keaksaraan
1.
Mengenal simbol-simbol
2.
Mengenal suara–suara hewan/benda yang ada di sekitarnya
3.
Membuat coretan yang bermakna
4.
Meniru (menuliskan dan
mengucapkan) huruf A-Z
V.
SOSIAL EMOSIONAL
A.
Kesadaran Diri
1.
Menunjukkan sikap mandiri dalam
memilih kegiatan
2.
Mengendalikan perasaan
3.
Menunjukkan rasa percaya diri
4.
Memahami peraturan dan disiplin
5.
Memiliki sikap gigih (tidak
mudah menyerah)
6.
Bangga terhadap hasil karya
sendiri
B.
Rasa Tanggungjawab Diri Sendiri
dan Orang lain
1.
Menjaga diri sendiri dari
lingkungannya
2.
Menghargai keunggulan orang
lain
3.
Mau berbagi, menolong, dan
membantu teman
C.
Perilaku Prososial
1.
Menunjukan antusiasme dalam
melakukan permainan kompetitif secara positif
2.
Menaati aturan yang berlaku
dalam suatu permainan
3.
Menghargai orang lain
4.
Menunjukkan rasa empati
VI. SENI
A.
Anak mampu menikmati berbagai
alunan lagu atau suara
1.
Senang mendengarkan berbagai
macam musik atau lagu kesukaannya
2.
Memainkan alat musik/instrumen/benda
yang dapat membentuk irama yang teratur
B.
Tertarik dengan kegiatan seni
1.
Memilih jenis lagu yang disukai
2.
Bernyanyi sendiri
3.
Menggunakan imajinasi untuk
mencerminkan perasaan dalam sebuah peran
4.
Membedakan peran fantasi dan
kenyataan
5.
Menggunakan dialog, perilaku,
dan berbagai materi dalam menceritakan suatu cerita
6.
Mengekspresikan gerakan dengan irama yang bervariasi
7.
Menggambar objek di sekitarnya
8.
Membentuk berdasarkan objek
yang dilihatnya (mis. dengan plastisin, tanah liat)
9.
Mendeskripsikan sesuatu
(seperti binatang) dengan ekspresif yang berirama (contoh, anak menceritakan
gajah dengan gerak dan mimik tertentu)
10. Mengkombinasikan berbagai warna ketika menggambar atau mewarnai
silahkan Download STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK (STPPA) USIA 4-5 TAHUN SESUAI KURIKULUM 2013 /PERMENDIKBUD 137 di bawah ini :
0 Response to "STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK (STPPA) USIA 4-5 TAHUN SESUAI KURIKULUM 2013 /PERMENDIKBUD 137 "
Post a Comment