Download Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013

Download Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013

Sanggar PAUD - Download Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013, Pembelajaran anak usia dini dapat dikembangkan dengan menggunakan tema. Melalui tema pembelajaran, peserta didik akan lebih mudah mengenal suatu konsep pengetahuan dan dapat mempelajari sesuatu yang bersifat konkret. Dengan demikian, indikator perkembangan anak dapat tercapai secara optimal.


Baca Juga :
Pendidik PAUD diharapkan dapat mengembangkan tema sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan tema agar pembelajaran yang dilaksanakan lebih menarik dan mendalam yang mengacu pada Pedoman Pengembangan Tema Pembelaran PAUD Kurikulum 2013 ini.

Pembelajaran tematik merupakan suatu pembelajaran yang mengaitkan berbagai bahasan dari Kompetensi Dasar secara terintegrasi kedalam satu tema Pedoman Pengembangan Tema Pembelaran PAUD Kurikulum 2013.


Dalam Pedoman Pengembangan Tema Pembelaran PAUD Kurikulum 2013, Tema bukan merupakan tujuan pembelajaran melainkan sebagai perluasan wawasan dalam rangka menghantarkan kematangan perkembangan anak.


A.     Manfaat Tema
  •       Menghubungkan bahasan satu dengan lainnya, sesuai dengan cara berpikir anak.
  •         Sebagai Topik bahasan. Topik bahasan yang dekat dan dikenal anak membuat anak lebih dapat terlibat di dalamnya.
  •     Menghubungkan pengetahuan sebelumnya dengan pengetahuan yang baru  yang sudah dimiliki anak.
  •    Memudahkan pendidik PAUD dalam pengembangan kegiatan belajar sesuai dengan konsep dan sarana yang dimiliki lingkungan.
Contoh tema yang terdekat dengan peserta didik misalnya diri sendiri. Di dalam tema diri sendiri dapat dikembangkan menjadi sub tema aku dengan topik bahasan antara lain :
a.   Mengidentifikasi anggota tubuh
b.  Fungsi masing-masing anggota tubuh
c. Siapa saja yang boleh menyentuh anggota tubuh tertentu dan alasan diperbolehkannya
d.  Cara melindungi anggota tubuh dari hal-hal yang membahayakan

Setelah tema diri sendiri pendidik dapat memilih tema lain yang dekat dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Masing-masing lembaga tentu memiliki kondisi yang berbeda-beda. Misalnya bagi  lembaga PAUD  yang  lingkungannya  dekat  dengan  pantai,  maka tema lingkunganku dengan sub tema “pantaiku yang indah dapat menjadi pilihan tema sesuai dengan  prinsip kedekatan.  

Bagi   lembaga PAUD   yan lingkungannya   deka dengan   perkebunan tema lingkunganku dengan sub tema “Kebun” dengan topik bahasan “kebun mangga”, “kebun kelapa” atau lainnya. “Kebun” dapat menjadi pilihan tema sesuai dengan  prinsip kedekatan. 
Lihat Preview


Berikut Saya Bagikan Pedoman dan dasar-dasar dalam mengembangkan "tema" dalam Pembelajaran PAUD. Silahkan Download pada Link di bawah ini.


DOWNLOAD LINK
Demikian ulasan mengenai Pedoman Pengembangan Tema Pembelaran PAUD Kurikulum 2013, silahkan download contohnya, bagikan agar lebih bermanfaat buat yang lain. Terima kasih.

Berikut beberapa informasi dan Download lainnya dengan Topik Terkait di bawah ini.



DOWNLOAD :

RPPH Minggu 8 SMT 1 Tema Lingkunganku/ Sekolahku/Bermain Balok

RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SATUAN (PAUD) TAHUN ANGGARAN 2017


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Download Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013"

Post a Comment