MEMBUAT KOLASE DARI BAHAN ALAM | Menghias Bingkai Foto

MEMBUAT KOLASE DARI BAHAN ALAM | Menghias Bingkai Foto

Selamat Datang di Sanggar PAUD -  Situs berbagi informasi, Administrasi dan Bahan ajar Pendidikan Anak Usia Dini. Ayah bunda PAUD yang berbahagia, Kreativitas harus dibangun sejak dini (itu menurut kami) agar menjadi kebiasaan dalam pola berfikir. kreativitas dibentuk dari imajinasi, sehingga dapat mendorong sensor motorik untuk dapat melakukan sesuatu yang menurut dirinya bagus, baik, bermanfaat, bahkan terlihat indah.

MEMBUAT KOLASE DARI BAHAN ALAM | Menghias Bingkai Foto
Kolase, yang akan kita bahas kali ini erat kaitannya dengan kreativitas, imajinasi, dan emosional anak. untuk dapat membuat kolase, anak perlu diarahkan pada sebuah imajinasi yang akan membentuk pemikiran tentang sesuatu yang dapat ia kerjakan guna mendapatkan sebuah karya yang indah.

Pengertian Kolase

Kolase, merupakan kegiatan membuat sesuatu dengan cara menempelkan benda (bisa benda apa saja) dengan perekat (lem dan sebagainya) sehingga membentuk sebuah karya, atau bisa juga kolase dilakukan untuk menghias sebuah benda atau sebuah karya agar terlihat cantik dan indah.

Dalam proses kolase media yang digunakan tidak terpaku pada benda tertentu, ide kreatif untuk mencari bahan/media sangat penting agar menghasilkan sebuah karya yang unik, indah dan lebih baik lagi kalau ide tersebut original.

Tidak harus selalu membeli untuk membuat karya, lihat disekeliling kita; sampah mulai dari sampah terkecil sekalipun seperti kancing baju, kain-kain bekas dan sebagainya, hingga sampah Kardus bekas, kaleng bekas, botol-botol bekas atau apa saja yang dalam keseharian kita anggap tak berguna (sampah), biasakan jangan terbuang percuma, kalau kita rajin itu semua bisa kita jadikan sebuah karya yang bernilai.


Kolase Disesuaikan Dengan Tema

Mari kita buka kembali Mengenai pengembangan Tema dan sub tema dalam Rencana Pembelajaran Harian anak PAUD RPPH. Dalam artikel sebelumnya, sering saya bahas mengenai Tema dan subTema Pembelajaran Anak Usia dini, 
silahkan baca : Pengembangan Tema Pembelaran PAUD Kurikulum 2013dalam pengembangannya, setiap tema dan subtema tersebut terdiri dari:


  1.  Anak memahami maksud dari tema tersebut,
  2. Anak Merasakan Langsung hal-hal yang berada dalam tema tersebut
  3. Anak Membuat (berkreasi) sesuatu yang berkaitan dengan tema dan subtema tersebut.
  4. Anak Menyanyikan Lagu yang berkaitan dengan Tema dan sub teme tersebut.
  5. Anak menceritakan pengalamannya tentang pengalamannya tentang tema dan subtema tersebut.

Contoh dalam poin 4. anak akan membuat kolase membuat atau menghias bingkai fhoto keluarga, dalam subtema keluargaku. dengan membawa bahan atau media seperti misalnya korek api, daun-daun kering, Lem, gunting, dan sebuah foto keluarga.

Sebagai motivasi, saya sertakan contoh-contoh ide kreatif dalam kolase menghias bingkai foto, yang dapat bunda download dalam bundel file berbentuk kompresi (rar) semoga dapat menginspirasi dalam membuat kraya-karya alat peraga edukatif (APE) untuk Anak PAUD

Sekian dulu yang dapat saya tulis pada kesempatan ini, semoga bermanfaat, dan terima kasih telah meluangkan waktunya untuk mampir di artikel saya yang sederhana ini, namun semoga saja dapat mambantu dan bermanfaat bagi Dunia pendidikan. 

Untuk melengkapi artikel tentang kolase ini, silakan download Ide Kreatif dalam kegiatan Kolase berikut ini :

Berikut beberapa informasi dan Download lainnya dengan Topik Terkait di bawah ini.



DOWNLOAD :

RPPH Minggu 8 SMT 1 Tema Lingkunganku/ Sekolahku/Bermain Balok

RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SATUAN (PAUD) TAHUN ANGGARAN 2017


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MEMBUAT KOLASE DARI BAHAN ALAM | Menghias Bingkai Foto"

Post a Comment